Wednesday, September 30, 2015

Rangkuman belajar “Psikologi Pelayanan” (Kamis, 10 September 2015)

Pengertian Psikologi
Psikologi merupakan ilmu pengetahuan jiwa yang melibatkan proses mental.
Menurut Plato, psikologi adalah ilmu pengetahuan  yang mempelajari sifat, hakekat dan hidup jiwa manusia (psyche = jiwa, logos = ilmu pengetahuan)
Menurut Mac Dugall, psikologi adalah ilmu pegetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia atau human behaviour.
Menurut Mussen & Rosenwieg, psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang  mind (pikiran)  atau  The study of mind, tetapi dalam perkembangannya kata  mind berubah menjadi behaviour (tingkah laku) sehigga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  tingkah laku manusia.
Pengertian Pelayanan
Pelayanan merupakan proses interaksi antara seseorang yang berupaya memenuhi kebutuhan dengan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya. yaitu antara pelanggan / tamu / klien / nasabah / pasien dan para petugas / karyawan / pegawai.
Pengertian psikomotorik, afektif, dan kognitif
a.       Psikomotorik: psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya. Psikomotorik terbagi menjadi psikomotorik kasar dan psikomotorik halus. Psikomotorik kasar tidak membutuhkan ketrampilan atau skill tertentu, seperti memukul dan berlari. Sedangkan psikomotorik halus membutuhkan keteramplian atau skill tertentu seperti, menari atau menyulam.
b.      Afektif: Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.

c.       Kognitif: Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah.

No comments:

Post a Comment