Wednesday, October 14, 2015

Psikologi Pelayanan (Pertemuan ke-3)

SIAPAKAH DIRI ANDA?

Konsep diri : Bagaimana kita memandang diri kita sendiri terkait dengan rangkaian persepsi, ide, nilai, jug sikap dirinya.
Konsep diri dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : pola asuh, sekolah, lingkungan/interaksi dengan orang lain, belajar sosial.

BAGAIMANA KAMU MENGKONSEPKAN DIRI KAMU SENDIRI?
Saya mengkonsepkan diri saya sebagai seorang anak muda yang bisa bertanggung jawab atas diri saya sendiri, baik dalam studi maupun pergaulan saya. Saya juga adalah orang yang bertanggung jawab mendidik adik saya. Orang tua saya yang adalah pekerja keras, hal itu membentuk saya menjadi seperti mereka, saya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan selalu memiliki cita-cita yang tinggi.


JADILAH ORANG YANG MEMBERI PENGARUH POSITIF BAGI LINGKUNGAN!

Pengenalan diri positif:
Bangga akan apa yang di buat, mandiri, tanggung jawab, antusias pada tugas menantang, berpikir positif.

Pengenalan diri negatif, merendah, menyalahkan orang lain karena kelemahannya, merasa tidak mampu, merasa gagal dan frustasi, mudah dipengaruhi, tidak mandiri.

APAKAH SAYA MEMILIKI KETERAMPILAN EMOSI?

Keterampilan emosi:
1. Terampil mengidentifikasi dan mengenali perasaan.
2. Terampil mengungkapkan perasaan.
3. Terampil menilai intensitas perasaan.
4. Terampil menunda pemuasan.
5. Terampil mengendalikan dorongan hati.
6. Terampil mengurangi dan mengelola stres.
7. Terampil dalam mengetahui perbedaan antara perasaan dan tindakan.

No comments:

Post a Comment