Wednesday, December 2, 2015

Psikologi Pelayanan Pertemuan 4

Profesionalisme

 Profesi dan Profesionalisme
Salam (1997) menuliskan bahwa profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok yang mneghasilkan nafkah hidup dan mengandalkan suatu keterampilan.
Sedangkan profesionalisme adalah pemahaman cara kerja atau etos kerja seseorang yang didasari dengan suatu keahlian guna mencapai standard performance tertinggi.

Prinsip Profesi
- bertanggung jawab : bekerja sebaik mungkin dengan standard profesional.
- keadilan : tidak melanggar hak orang lain dan berusaha untuk dapat berlaku adil kepada pengguna jasa dengan tidak mendeskriminasikan seseorang.
- otonomi : diberi kebebasan untuk  menjalankan dan mengembangkan profesinya dan disatu sisi wajib mengembangkan tanggung jawab sesuai profesi.

Pada pertemuan ini saya belajar tentang apa yang harus saya persiapkan untuk menjalankan profesi yang saya cita-citakan. Saya menilik lebih dalam lagi bagaimana saya seharusnya menjalankan profesi saya tersebut sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal bagi calon customer saya. 
Profesi yang ingin saya jalani adalah sebagai pengusaha restoran yang menjual makanan Indonesia, karena saya sangat jatuh cinta dengan kuliner Indonesia dan merasa bertanggung jawab untuk turut melestarikannya.  

Saya juga belajar dalam berprofesi, saya perlu menjalankan prinsip prinsip profesi seperti, bertanggung jawab dengan bisnis saya sebagai pemilik, adil dalam bekerja dalam melayani tamu maupun dalam pemenuhan hak karyawan, juga otonomi artinya saya bebas untuk mengembangkan bisnis restoran saya selama saya menjalankannya sesuai aturan yang berlaku serta bertanggung jawab atas semua operasi kerja di dalamnya.


No comments:

Post a Comment