Wednesday, December 16, 2015

Psikologi Pelayanan Pertemuan 11

STRESS DAN KONFLIK.

Pertemuan ini diawali dengan pembahasan mengenai stress. 
Ibu Arie menerangkan macam-macam stress, yaitu eustress, distress, dan optimal stress.
Kita juga menganalisa tress yang kita hadapi sehari-hari, juga sumber-sumber stress itu sendiri.

Kita lalu diminta untuk menulis pada selembar kertas, salah satu keadaan stress yang pernah kita hadapi. Saya lalu menulis cerita saya saat masih duduk di bangku SMA dan stress yang saya alami saat itu. 
Setelah semua selesai menulis, ada kuisioner yang harus kita isi sesuai dengan keadaan saat itu. Total nilai dari kuisioner menunjukan tingkatan tress yang kita alami juga dampak dari stress yang kita alami. Ternyata saat itu stress saya sangat berdampak pada perilaku saya.

Kita juga belajar mengatasi stress, dengan problem-focused atau emotion-focused.
Problem-focused misalnya membaca buku motivasi, konseling di gereja, konseling dengan psikolog.
Sedangkan emotion-focused seperti berlibur, berenang di pantai, atau melakukan hal-hal yang kita senangi.


Setelah itu, kita membahas mengenai tipe-tipe konflik, mulai dari approach-approach, avoidance-avoidance, approach-avoidance, multi approach-avoidance.
Kita juga diterangkan mengenai reaksi konflik, bagaimana kita berekasi terhadap suatu konflik. Saya menilai diri saya sebagai orang yang menghadapi konflik dengan cara moving against.

No comments:

Post a Comment